January 16, 2020

Memilih yang tepat Baterai Handphone Charger

Bagi kebanyakan orang, charger telepon selular atau bentuk charger baterai dan gaya namun bukan masalah, yang penting “colokan” (jack) cocok dengan “lubang” (terminal) pada ponsel. Jika di rumah, gadget atau smartphone memiliki terminal yang sama biasanya memakai ayah charger pada ibu, adik charger adik usang. Apalagi jika tengah perjalanan keluar dari baterai, charger meminjam di toko atau toko.

Maen tidak tahu speknya asal plug-colokin. Atau saat pengisi daya rusak, ingin membeli yang baru di toko tapi tidak memperhatikan spesifikasi pertama. Meskipun ada nilai-nilai yang perlu dipertimbangkan, terutama “tegangan” (tegangan) dan “arus yang kuat” (ampere). Tak heran, jika ada yang mengeluh, kenapa baterai cepat kembung? atau ada perasaan seberapa cepat habis, ketika baru saja di cas?

Memilih yang tepat Baterai Handphone Charger
Memilih yang tepat Baterai Handphone Charger

Memilih yang tepat Baterai Handphone Charger

Ada begitu banyak penyebab dan efek yang dihasilkan oleh perbedaan dalam dua kasus ini (Volt dan Ampere). tegangan dan arus yang kuat yang dimiliki oleh pengisi akan mempengaruhi kecepatan proses pengisian baterai. Selain pengisian waktu, siklus hidup (jumlah kali pengisian) juga mempengaruhi baterai dari pengisi daya yang digunakan. Hal ini bersifat umum. tidak terbatas hanya untuk betarai Mobile. Semua jenis baterai, juga, termasuk Aki motor, Baterai Mobil, UPS Battery, baterai NiCd, baterai mobil Remote Control dan lain-lain. Tapi kali ini saya hanya membahas masalah memilih charger / pengisi daya baterai Ponsel yang tepat.

Pertimbangkan spesifikasi smartphone pertama yang kita akan mengenakan biaya (charging). Dalam artikel ini saya mencontohkan dengan menggunakan zenpad 7 dan Asus Zenfone Selfie ZD551KL.

Perhatikan pada gambar jeroan Zenpad 7 di bawah ini;

Pada gambar di atas (catatan ayat-ayat yang saya kotakin), menunjukkan bahwa input 5,2 V dan 1,35 A, 7W. Penjelasan 5.2 V adalah tegangan, sedangkan arus yang kuat dari 1,35 A aman digunakan untuk pengisian. 7W sementara itu dibebankan, dalam satuan WATT.

Sehingga charger coock untuk digunakan dalam (penanaman baterai) smartphone atau tablet zenpad 7 di atas adalah kebutuhan untuk memiliki spec Volt Ampere 5.2 dan 1.35.

Sementara di bawah ini adalah spesifikasi Zenfone Selfie;

Perhatikan pada kotak yang saya buat. Terdaftar Input: + 5V 2A, 10W. itu berarti bahwa input daya untuk pengisian adalah 10 Watt dengan spesifikasi tegangan 5 Volt dan 2 Ampere untuk arus yang kuat.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa, jika kita menggunakan charger Zenpad Zenfone selfie smartphone, maka waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai akan lebih panjang (Spek menurunkan).
Dan jika charger charger zenfone selfie (5V, 2A) kita gunakan untuk pengisian Zenpad 7, maka proses pengisian menjadi lebih cepat daripada ketika menggunakan charger itu sendiri (5,2V, 01:35 A).

Sekadar informasi tambahan, ditunjukkan pada gambar di atas bahwa baterai spec zenfone selfie yang saya gunakan memiliki rating 3,85 V. Cara tegangan standar yang dia miliki adalah sama dengan 3,85 volt.
Nah, perlu dicatat bahwa, sistem ini proses pengisian baterai seperti aliran proses air dari tempat yang lebih tinggi, mengalir ke tempat yang lebih rendah. Jadi tegangan charger (5 Volt) akan mengalir ke baterai (3,85 volt).

Pada gambar di atas, terlihat perbedaan dalam ukuran charger. yang di atas adalah charger untuk Zenfone Selfie (5V, 2A), sementara di bagian bawah pengisi adaah Zenpad 7, dengan ukuran yang lebih kecil (5,2V; 1,35A).

Oleh karena itu, tegangan (tegangan) charger dirancang lebih tinggi tegangan (rating) output baterai. Apakah baterai dapat mengisi baterai yang lain? jawabannya bisa, misalnya, baterai dengan tegangan 12 volt, dapat mengisi baterai 9 Volt. (Tapi perlu dilihat dan diamati arus kuat kembali.

Apa perbedaan waktu antara charger slisih denganyang yangsatu orang lain (untuk spec yang berbeda)? Secara teoritis menghitung berapa lama untuk melakukan pengisian? yang akan saya bahas dalam artikel saya m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *