January 16, 2020
PLN Electric Vehicle Charger Set 22 Akhir Bulan

PLN Electric Vehicle Charger Set 22 Akhir Bulan

Distribusi PLN Jakarta Raya alias akan segera meluncurkan stasiun pengisian $ 22 pada akhir bulan ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung program kendaraan listrik yang diprakarsai oleh pemerintah. General Manager PLN Jakarta Raya Ikhsan Asaad, mengatakan bahwa dari 22 stasiun pengisian yang akan diluncurkan terdiri dari 3 pengisian cepat, 1 pengisian Ultra dan 18 pengisian normal. Kemudian, stasiun pengisian akan dipasang di pusat-pusat perbelanjaan seperti mal di Jakarta.

PLN Electric Vehicle Charger Set 22 Akhir Bulan
PLN Electric Vehicle Charger Set 22 Akhir Bulan

PLN Electric Vehicle Charger Set 22 Akhir Bulan

“Kami mulai Oktober ini akan meluncurkan skala besar. Ada 22 stasiun pengisian, rincian 3 pengisian cepat, 1 pengisian ultra-cepat, pengisian istirahat normal di mal,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta. Menurut rencana Ikhsan, PLN menghabiskan sekitar 6 miliar untuk membangun 22 unit stasiun pengisian ini. Dalam pengadaan ini, akhirnya perusahaan akan mengundang pihak swasta untuk berpartisipasi.

Adapun biaya satu unit stasiun pengisian biasa sekitar Rp 800 juta. Sedangkan untuk versi stasiun pengisian-ultra cepat pengisian sekitar Rp 1,5 miliar. “Saya pikir bagi kami semetera lagi mendorong (sektor swasta), tetapi belum diminta untuk membangun untuk diri mereka sendiri. Mungkin harus ada insentif dari pemerintah,” katanya.

Menurut Ikhsan, langkah PLN untuk menyediakan stasiun pengisian tidak akan berhenti di sini saja. Karena akan menargetkan sekitar 160 stasiun pengisian di fasilitas umum. Tidak hanya itu, PLN juga akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan plat merah lainnya seperti PT Pertamina (Persero) atau PT Jasa Marga (Persero). Jika kemudian berkolaborasi dengan Pertamina, PLN akan membangun General Electric Charging Station (SPLU) di SPBU milik negara.

“Dalam roadmap kami akan ditambahkan sehingga 160, sehingga kami bekerja sama dengan Pertamina dan BUMN lainnya. Jasa Marga juga agar mereka juga akan bangun stasiun pengisian di rest area,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *